Selamat datang www.mibmart.blogspot.com # Berbagi Info, Tips dan Cerita # Genset Berkualitas hanya www.mitraparts.com Selamat datang www.mibmart.blogspot.com # Berbagi Info, Tips dan Cerita # Genset Berkualitas hanya www.mitraparts.com Selamat datang www.mibmart.blogspot.com

Senin, 25 Februari 2013

SUMBER-SUMBER ENERGI LISTRIK


BATERAI, AKI, DINAMO, GENERATOR, SEL SURYA DAN TENAGA NUKLIR 

Apa jadinya kalau dunia ini tanpa listrik? Sudah psti dapat dibayangkan betapa lumpuhnya dunia ini. Kita tahu bahwa hampir semua alat kebutuhan kita menggunakan tenaga listrik. Contohnya AC, kulkas, Handphone, penanak nasi, kereta api dan lain sebagainya. Lalu, darimana kita bisa mendapatkan sumber listrik? Karena alasan itulah saya mencoba share pengetahuan ini kepada semua sobat pebelajar.

Nah, pada dasarnya Energi listrik berasal dari sumber energi listrik. Dan sumber-sumber energi listrik itu antara lain:

1. Baterai
Baterai adalah contoh sumber energi listrik dimana energi yang dihasilkan berasal dari energi kimia. Kalau sobat pernah membuka baterai, sobat akan melihat ada sebuah batang karbon yang dibungkus dengan serbuk hitam. Serbuk itu adalah bahan kimia yang berfungsi sebagai penghantar listrik. Batang karbon dan serbuk itu kemudian dibungkus oleh seng. Seng itu sendiri berfungsi sebagai kutub negatif dan batang karbon tersebut sebagai kutub positif. Serbuk itu sendiri, karena bersifat penghantar listrik, sehingga disebut elektrolit. Baterai kemudian disebut sebagai elemen kering.

2. Aki
Kalau baterai adalah elemen kering, maka Aki adalah elemen basah. Mengapa? karena di dalam aki terdapat larutan yang disebut dengan asam sulfat, fungsinya sebagai penghantar atau elektrolit (fungsinya sama dengan serbuk pada baterai). Pada aki, kutub negatifnya adalah pelat timbal dan kutub positifnya adalah pelat timbal peroksida.

Nah, Aki bisa menghasilkan kekuatan listrik yang lebih besar dari pada baterai, tergantung dari kapasitas dan besar aki tersebut. Aki biasanya terdapat pada motor dan mobil.

3. Dinamo
Dinamo adalah sejenis alat yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Dinamo terdiri atas kumparan dan magnet. magnet itu terletak diantara kumparan dan terhubung dengan kepala dinamo. Untuk melihat cara kerja dinamo, sobat boleh melihat cara kerja dinamo pada sepeda. Dinamo pada sepeda berfungsi sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu sepeda. Semakin cepat roda sepeda berputar, maka semakin cepat pula dinamo berputar. kalau dinamo semakin cepat berputar, maka energi yang diahsilkan semakin besar, ditandai dengan semakin cepat laju sepeda, semakin terang pula lampu sepeda tersebut. Tentu saja, kepada dinamo harus menempel pada roda sepeda.

Sama halnya seperti dinamo, cara kerja dan fungsinya sama. hanya saja, energi yang dihasilkan generator lebih besar dari pada dinamo.

5. Sel Surya
Di dunia ini, sumber energi alami dan terbesar adalah matahari. Energi yang dihasilkan matahari adalah energi panas dan energi cahaya. Saat ini, seiring kemajuan teknologi, energi panas dari matahari dapat diubah menjadi energi listrik. Untuk mengubahnya, kita memerlikan sebuah alat yang dinamakan dengan sel surya. Sel surya dapat diletakkan dimana saja dimana terdapat cahaya matahari, misalnya di atap rumah, halaman dan lain sebagainya. 

Pernahkah kalian melihat sebuah kalkulator yang kehabisan baterai atau tanpa baterai, dapat digunakan di siang hari, akan tetapi tidak bisa digunakan pada malam hari? Yup, itu karena menggunakan tenaga sel surya untuk menghasilkan energi listrik agar kalkulator itu dapat berfungsi, tentu saja selama cahaya matahari masih ada.

6. Nuklir
Pasti sobat tahu kan kasus baru-baru ini dimana sebuah PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Jepang terbakar? Nah, ledakannya dan radiasinya besar sekali bukan? itu karena Nuklir adalah sumber energi yang sangat besar. Energi Nuklir dihasilkan dari reaksi atom di dalam sebuah reaktor. Nuklir juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat bom atom. Dan lagi-lagi contohnya adalah bom atom Hirosima dan Nagasaki di Jepang pada perang dunia ke-2 dimana dampaknya masih tersisa hingga kini.

Nuklir dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Bahkan satu gardu dapat menerangkan 1 kota besar. Uniknya PLTN ini tidak menimbulkan polusi, namun kalau ada kebocoran, dapat menimbilkan radiasi yang mengakibatkan kecacatan dan bahkan kematian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar